Tips membeli lampu HID

Lampu HID merupakan lampu yang sangat membantu penglihatan kita pada saat malam hari dengan sorotannya yang sangat terang dibanding lampu yang lainnya , tidak herang banyak para pengadara memasang lampu tersebut di kendaraannya.Tetapi kendala utamanya adalah harganya yang begitu mahal,tetapi itu tidak menyurutkan para pembeli karena memiliki kepuasan tersendiri.Lampu HID memang berbeda dari lampu lain yang umumnya dijual di pasaran. Lampu tipe ini mampu menghasilkan intensitas cahaya yang lebih baik dan sudah pasti harganya lebih mahal. Bahkan, harga per lampu bisa mencapai jutaan rupiah. Harga yang mahal tersebut tentu harus membuat Anda ekstra hati-hati saat membeli lampu kelas premium ini. Berikut ini beberapa tips sederhana yang bisa Anda praktikkan saat memilih lampu.

Tentukan tipe lampu HID yang Anda butuhkan. Perlu diketahui, lampu terang ini dijual dalam berbagai model seperti H1,H3,H4,H7,H8,H11,HB3,HB4. Perbedaan antara model tersebut tidak terlalu mencolok karena hanya ditentukan oleh kedudukan bohlam. Di Indonesia, model yang paling banyak digunakan adalah H4. Ciri utama dari model ini adalah lampu jauh dan dekat yang menyatu. Jika Anda menginginkan model lain, mungkin Anda tidak bisa menemukannya dengan mudah.

Faktor lain yang perlu diperhatikan adalah besaran derajat Kelvin. Selain model yang bervariasi, lampu HID juga dijual dengan besaran derajat kelvin yang berbeda. Besaran yang paling rendah adalah 3000K. Perlu diketahui, penggunaan lampu dengan besaran kelvin yang terlalu tinggi justru membahayakan keselamatan pengendara lain. Nyala lampu yang terlalu terang tentu akan berbahaya karena membuatnya buta sesaat. Untuk mengantisipasi kemungkinan ini, Anda perlu menyetel tinggi rendah sorotan lampu tersebut.

Saat membeli lampu HID, Anda harus lebih mengutamakan aspek fungionalitas daripada aspek ‘desain’ dari lampu tersebut. Sebenarnya, lampu HID dengan besaran kelvin standar sudah lebih dari cukup untuk memberikan intensitas cahaya yang terang untuk menerangi perjalanan Anda di malam hari.
Faktor penting lainnya adalah garansi. Setiap toko tentu memberikan garansi berbeda untuk setiap pembelian lampu HID. Pilihlah toko yang mampu memberikan garansi yang lebih lama terutama untuk service atas kerusakannya.

Tips di atas akan cukup berguna saat Anda ingin memilih atau membeli HID baru yang kebanyakan dijual dengan harga sangat mahal. Pilihan yang tepat tentunya akan sangat bermanfaat dan mampu memberikan nyala lampu yang lebih terang dengan jarak pandang lebih jauh.Yang paling penting sesuaikan dengan isi kocek anda jangan karena ingin sekali memakai lampu HID perlengkapan kendaraan anda yang lain di abaikan .Saran saya utamakan dulu membeli perlengkapan yang fatal fungsinya bagi kendaraan anda.

Source : dari berbagai sumber

Hehe..
Sekian dulu gan' tentang Tips memilih lampu HID kali ini, semoga bermanfaat..
Sundul Gan'..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar