FULLWAVE SATRIA FU150

APAKAH FULLWAVE ITU..?

Fullwave adalah menggunakan seluruh kemampuan generator (kalo di motor stator alias spul sama magnet alias rotor), untuk menangani seluruh beban kelistrikan di kendaraan melalui bantuan regulator/rectifier alias kiprok dan aki.
Jadi yang nyuplay listrik harusnya adalah dari spul dan kiprok, bukan dari aki.

kalo udah diubah fullwave, maka tinggal mindah semua beban lampu yg AC menjadi DC. pas kontak on, lampu ikutan melotot.

Apa itu arus AC dan DC dan apa itu sumber listrik.
Arus AC (Alternating Current) adalah beberapa sumber listrik (terutama, generator elektro-mekanik rotary) secara alami menghasilkan tegangan bergantian dalam polaritas, membalikkan positif dan negatif dari waktu ke waktu.  Baik sebagai polaritas tegangan switching atau sebagai arah switching arus bolak-balik.
Sedangkan yang di sebut dengan DC (Direct Current ) adalah listrik yang mengalir ke arah yang konstan atau satu arah, dan / atau memiliki tegangan dengan polaritas konstan/satuarah. DC adalah jenis listrik dibuat oleh baterai (dengan terminal positif dan negatif pasti), atau jenis biaya yang dihasilkan dengan menggosokkan beberapa jenis bahan terhadap satu sama lain.

Gambar arus AC & DC
Dan untuk modifikasi fullwave Suzuki Satria FU150 musti “disconnect” ground spul.
Dan ini stator milik Satria F150..
Stator Satria FU150 (tab ground ditandai lingkaran merah)..
Sesuai gambar di atas, kawat spul yang terhubung ke tab GROUND spul musti dicabut/dipotong.
Selanjutnya ujung kawat tadi disambung dengan kabel tambahan untuk dijadikan jalur pengisian menuju regulator fullwave (misal, regulator Honda Tiger). Jangan lupa sambungan tadi ditutup/diisolasi dengan selang bakar atau shrink tube — bisa dibeli di toko listrik/elektronika atau Ace Hardware — Instalasi lengkapnya bisa lihat skema di bawah ini :
Disarankan pakai regulator/kiprok yang original, karena regulasi voltasenya lebih bagus, terutama buat Satria FU150 yang pakai speedometer digital. Speedometer ini gak bisa kena voltase di atas 16VDC, karena bakal ngedip dan nge-reset. Cara kedua, dengan membatasi (regulasi) voltase di jalur suplay ke speedometer agar voltasenya nggak melebihi 16VDC, misal dengan menggunakan IC LM7812 atau LM7815.

Source : dari berbagai sumber

Hehe..
Sekian dulu gan' tentang Fullwave Satria Fu150 kali ini, semoga bermanfaat..
Sundul Gan'..

8 komentar:

  1. Mas pas gw terapin kok lampu depan ngga nyala. Tapi sein nyala

    BalasHapus
  2. Bos ksh ic buat regulasi spedo di jalur mana..

    BalasHapus
  3. Jadi kita harus punya regulator tiger dulu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa tanpa regulator ambil arus dari aki tapi aki akan cepat habis

      Hapus
  4. gan motor ane satria fu kelistrikannya udh DC. tp kenapa saat di rem lampu utama redup. mohon pencerahannya

    BalasHapus
  5. Bang udh berhasil tpi ane ga potong spul. Jdi langsung lepas kabel dri soket spul 1.. trus lepas kanel kuning dri kiprok di salah 1 kabel (soalnya ada 2). Trus ane jumper kabel kunci kontak sma kabel kuning yg tdi di lepas dri kiprok.... Apa cara kya gini aman bang ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aman tapi aki akan cepat habis karena kurang pengisian

      Hapus