Fullwave adalah menggunakan seluruh kemampuan generator (kalo di motor stator alias spul sama magnet alias rotor), untuk menangani seluruh beban kelistrikan di kendaraan melalui bantuan regulator/rectifier alias kiprok dan aki.
Jadi yang nyuplay listrik harusnya adalah dari spul dan kiprok, bukan dari aki.
kalo udah diubah fullwave, maka tinggal mindah semua beban lampu yg AC menjadi DC. pas kontak on, lampu ikutan melotot.
Apa itu arus AC dan DC dan apa itu sumber listrik.
Arus AC (Alternating Current) adalah beberapa
sumber listrik (terutama, generator elektro-mekanik rotary) secara alami
menghasilkan tegangan bergantian dalam polaritas, membalikkan positif
dan negatif dari waktu ke waktu. Baik sebagai polaritas tegangan
switching atau sebagai arah switching arus bolak-balik.
Sedangkan yang di sebut dengan DC (Direct Current ) adalah
listrik yang mengalir ke arah yang konstan atau satu arah, dan / atau
memiliki tegangan dengan polaritas konstan/satuarah. DC adalah jenis
listrik dibuat oleh baterai (dengan terminal positif dan negatif pasti),
atau jenis biaya yang dihasilkan dengan menggosokkan beberapa jenis
bahan terhadap satu sama lain.
Gambar arus AC & DC
Gambar arus AC & DC
Dan untuk modifikasi fullwave Suzuki Satria FU150 musti “disconnect” ground spul.
Dan ini stator milik Satria F150..
Stator Satria FU150 (tab ground ditandai lingkaran merah)..
Sesuai gambar di atas, kawat spul yang terhubung ke tab GROUND spul musti dicabut/dipotong.
Selanjutnya ujung kawat tadi disambung dengan kabel tambahan untuk dijadikan jalur pengisian menuju regulator fullwave (misal, regulator Honda Tiger). Jangan lupa sambungan tadi ditutup/diisolasi dengan selang bakar atau shrink tube — bisa dibeli di toko listrik/elektronika atau Ace Hardware — Instalasi lengkapnya bisa lihat skema di bawah ini :
Disarankan pakai regulator/kiprok yang original, karena regulasi voltasenya lebih bagus, terutama buat Satria FU150 yang pakai speedometer digital. Speedometer ini gak bisa kena voltase di atas 16VDC, karena bakal ngedip dan nge-reset. Cara kedua, dengan membatasi (regulasi) voltase di jalur suplay ke speedometer agar voltasenya nggak melebihi 16VDC, misal dengan menggunakan IC LM7812 atau LM7815.
Source : dari berbagai sumber
Mas pas gw terapin kok lampu depan ngga nyala. Tapi sein nyala
BalasHapusBos ksh ic buat regulasi spedo di jalur mana..
BalasHapusJadi kita harus punya regulator tiger dulu ya?
BalasHapusBisa tanpa regulator ambil arus dari aki tapi aki akan cepat habis
Hapusgan motor ane satria fu kelistrikannya udh DC. tp kenapa saat di rem lampu utama redup. mohon pencerahannya
BalasHapusCoba tambah relay set di yt ada
HapusBang udh berhasil tpi ane ga potong spul. Jdi langsung lepas kabel dri soket spul 1.. trus lepas kanel kuning dri kiprok di salah 1 kabel (soalnya ada 2). Trus ane jumper kabel kunci kontak sma kabel kuning yg tdi di lepas dri kiprok.... Apa cara kya gini aman bang ?
BalasHapusAman tapi aki akan cepat habis karena kurang pengisian
Hapus